Panduan Facebook Ads | Cara Mengkonversi Yang Tepat

Bagaimana Cara Mengkonversi Yang Tepat 

Setelah iklan Anda berjalan, biasanya Anda mulai mendapatkan cukup banyak orang yang melihat dan merespon iklan anda.
Pada tahap ini Anda harus memahami bagaimana cara agar orang – orang yang merespon iklan Anda ini pada akhirnya menjadi tertarik dan membeli produk Anda.
Uang

Hal inilah yang saya namakan sebagai cara untuk “mengkonversi” calon customer menjadi customer loyal anda untuk seterusnya.

Sebagai contoh, saya memiliki pengalaman pribadi dimana saya menjual produk fisik dengan mengandalkan FB Ads sebagai satu – satunya channel marketing.

Pada awalnya saya senang karena banyak orang yang lihat iklan saya, masuk ke BBM / WA dan bertanya – tanya tentang harga, spek produk dan sebagainya.

Tapi berjalan 3 – 5 hari saya malah jadi frustasi karena yang tanya itu banyak (add pin BBM 20 – 30 perhari) tapi kalau bicara penjualan itu nol besar.
Cs

Sejak saat itu saya terus mencari tahu sebenarnya masalah itu terletak di bagian mana dan ternyata kemampuan dari staf CS yang kita pekerjakan memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap konversi penjualan.

Untuk poin yang satu ini, banyak orang seringkali menganggap enteng.
Mereka biasanya berpikir bahwa dengan hire staf CS untuk membalas setiap pertanyaan dari customer saja sudah cukup.
Pada kenyataannya hal itu masih jauh dari cukup kalau Anda benar – benar ingin mendapatkan penjualan yang luar biasa.

Apalagi ketika kita bandingkan antara online dan offline, ternyata staf CS untuk mengurus usaha online itu jauh lebih kompleks daripada hire tenaga CS untuk mengurus usaha offline.

Mengapa demikian?

Karena kalau staf CS offline bekerja, kita sebagai pengawas dapat melihat dengan mata secara langsung kinerjanya di lapangan.
Apakah ucapannya sopan, sudah tepat atau ada yang kurang.

Tapi kalau staf CS online tiap hari kerjanya adalah chatting di BBM / WA sehingga lebih sulit memantau apa saja yang ditulis di bbm antara CS kita dengan calon customer. 

Oleh karena itu, saya mencoba memberikan beberapa tips kepada Anda agar penjualan Anda lebih optimal, yaitu:

1. Interview calon customer service (CS) 

yang tepat Ketika Anda interview, pastikan Anda memperhatikan lokasi tinggal si CS dan jarak tempuh dari rumah dia ke kantor Anda.
Stamina yang lemah sangat mengganggu performa CS Anda di kantor seharian. 

Background pendidikan & pengalaman kerja perlu ditanyakan lebih jauh & minta agar dia mempraktekkan langsung cara melayani customer yang semestinya, untuk melihat sejauh mana kemampuan si CS. 

Lihat juga kepribadiannya CS, sebaiknya pilih CS yang suka berbicara agar dia tidak merasa lelah ketika harus banyak handle banyak customer.


2. Prioritaskan customer yang tepat.


Ketika customer Anda sudah mulai banyak yang bertanya, Anda harus dapat memprioritaskan calon customer yang tepat sehingga dapat terjadi penjualan dalam waktu yang lebih cepat, tanpa harus menambah banyak – banyak CS lagi.

3. Kuasai product knowledge

Ini mutlak harus dikuasai oleh CS Anda, oleh karena itu pastikan skill CS Anda sesuai & lebih baik lagi kalau memang si CS ada passion dengan produk yang akan dijualnya.

4. Inisiatif & cepat

Respon yang cepat dan memuaskan akan sangat membantu percepatan penjualan saat ini dan untuk jangka panjang karena pada dasarnya kita sebagai customer sangat suka diprioritaskan dan diperhatikan.

Disamping beberapa tips diatas, Anda juga harus memahami bahwa Anda perlu melakukan testing pada tahap awal beriklan untuk melihat tipe iklan seperti apa yang ternyata bekerja dengan baik terhadap target audience kita.

Kebanyakan orang yang saya perhatikan, mereka menjalankan Facebook Ads secara general targeting dan ketika berjalan 3 – 5 hari tidak ada penjualan, maka mereka stop beriklan dan mengklaim bahwa Facebook tidak efektif untuk channel marketing.

Hal seperti ini tentu tidak tepat apabila Anda ingin benar – benar mendapatkan hasil yang maksimal dari Facebook Ads.
Panduan Facebook Ads | Cara Mengkonversi Yang Tepat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: udan ,