Tips Membuat Password Yang Kuat

Anda pengguna komputer?
pasti tidak asing lagi tentang kata yang namanya “password”.

membuat sebuah pasword ternyata gampang-gampang susah.
Sangat dianjurkan agar sebuah password dibentuk dengan memperhatikan faktor yang rumit namun mudah diingat.

Bahkan University of Wyoming menyarankan agar pengguna internet memperlakukan sebuah password layaknya pakaian dalam yang dimiliki yaitu :

  • Sesering mungkin diganti/diubah
  • Semakin panjang passwordnya maka semakin baik
  • Jangan dibiarkan terbuka begitu saja 
  • Jangan dibagi/dipinjamkan ke orang lain 
  • Pertahankan agar tetap misterius.


Selain itu, berikut beberapa tips terkait pembuatan sebuah paswword.


  1. Jangan gunakan kode yang mudah ditebak seperti nama pribadi, nama hewan peliharaan atau nama keluarga, maupun tanggal lahir.
  2. Gunakan password berbeda untuk akun yang berbeda, atau setidaknya beberapa password yang berbeda.
  3. Gunakan perpaduan angka, huruf, pungtuasi dan simbol.
  4. Gunakan kata atau kalimat yang cukup berarti sehingga mudah diingat dengan memperhatikan ketentuan nomor 1.
  5. Ganti beberapa karakter di password anda dengan huruf atau simbol.
  6. Semakin panjang maka password akan semakin kuat dan sulit diterka.
  7. Hindari menggunakan password dengan informasi pribadi, pengulangan kata, berurutan, atau kata yang berasal dari kamus.

Baca juga:



Password adalah ‘kata kunci’, itu merupakan terjemahan bahasa Indonesia, gabungan dua kata ‘pass’ dan ‘word’.

Namun tak sesederhana itu, password berisi kode-kode tertentu yang disusun oleh pemiliknya baik oleh individu atau kelompok untuk melakukan sebuah autentikasi terhadap sistem yang berisi berbagai informasi.

Karena begitu pentingnya informasi tersebut, maka banyak orang/hacker mencoba untuk mendapatkan password tersebut untuk dapat masuk ke dalam sistem atau biasa disebut penetrasi ke dalam sistem.

Tentu saja untuk mengambil keuntungan di dalam sistem yang telah dikuasainya. 
Password saat ini banyak sekali digunakan dalam berbagai kepentingan politik, pertahanan dan ekonomi.

Penulis akan membahas hanya kepada aspek ekonomi saja seperti autentikasi terhadap mesin ATM, kartu debit, kartu kredit, online banking, online payment, e-commerce dan lainnya.

Password dulu digunakan sangat sederhana, ada beberapa mesin ATM yang masih menggunakan 4 digit, namun kebanyakan sudah menggunakan 6 digit.
Semakin banyak sebuah password akan semakin sulit untuk ditembus.

Kombinasi angka dan huruf dan berbagai karakter akan mempersulit seseorang dapat menembusnya.
Password dapat dikatakan aman dan kuat apabila dibuat sangat panjang, berisi kombinasi yang rumit dan dapat diingat hanya oleh pemiliknya.

Password merupakan sebuah kata kunci untuk dapat melakukan autentikasi, sehingga banyak orang mencoba-coba untuk mendapatkannya.

Lalu untuk apa mereka ingin mendapatkan password, ada berbagai alasan :

Password teman-teman, baik teman kantor, kuliah, sekolah, main, sampai dengan sahabat, tentu saja untuk mengetahui apa saja yang dilakukan teman-teman tersebut.

Password pasangan baik suami, istri maupun pacar, tentu ingin mengetahui, apakah mereka punya selingkuhan atau tidak dan ke mana saja mereka pergi.

Password anak, ingin mengetahui apa saja yang dilakukan oleh anak dan siapa saja teman-temannya.

Password atasan, ingin mengetahui apa saja yang dilakukan bos dan pekerjaannya, siapa saja koleganya dan ke mana saja aktifitasnya.

Password admin, ingin mengetahui semua informasi dan hak akses yang ada di dalamnya, begitu tembus maka semua hak akses akan berpindah tangan kepada pemilik password tersebut.

Password lawan dan kompetitor bisnis, ingin mengetahui semua rahasia perusahaan lawan, apa saja yang dilakukannya dan apa saja penemuan-penemuan baru mereka.

Password kejahatan, ingin melakukan tindak kejahatan, mencuri informasi dan memindahkan sejumlah kekayaan dan uang orang lain kepada si hacker, digunakan untuk belanja dan menguras harta si pemilik password atau merusak nama baik orang lain.

Berbagai dampak kehilangan password antara lain :


  1. Individu, tidak bisa buka account email pribadi, kantor, situs jejaring social seperti Facebook, Twitter, blog dan lainnya. 
  2. Password dan account tersebut mungkin saja diambil alih orang lain untuk mencemarkan nama baik individu tersebut, untuk menipu teman-teman dengan meminta sejumlah uang.
  3. Password organisasi dan kantor, seluruh hak akses kepada account tersebut tidak bisa lagi dibuka dan informasi jatuh kepada pihak lain.
  4. Password administrator, seluruh hak akses dan previledge kepada administator server tidak dapat lagi digunakan, seluruh struktur security berubah dan tentu saja informasi akan berpindah kepada pihak lain.
  5. Password online banking dan payment, PIN bila telah diambil alih oleh pihak lain maka seluruh asset online mungkin saja akan berpindah kepada pihak yang telah dapat menembus system tersebut.
  6. Password untuk beberapa beberapa peralatan militer dan critical infrastructure seperti penerbangan sipil, pelabuhan, peralatan minyak dan gas dan alat-alat berat lainnya, traffic management system, maka akan terjadi kekacauan kepada alat-alat tersebut.
  7. Password admin beberapa situs penting seperti online news, online trading system dsbnya, bila telah diambil alih maka dampaknya sangat besar, news akan dapat berisi konten-konten negatif, pornografi, fitnah, hasutan, sara, dsbnya, yang akan menimbulkan perang fisik dan kerusuhan di semua pihak.


Tips Menjaga Password

Tidak Menggunakan Default Password 

Default password adalah password yang kita dapat pertama kali.
Password standar ini sebaiknya memang harus cepat diganti lantaran sangat rentan.
Pasalnya, default password dapat dicari dengan mudah di google search, bahkan di situ tercantum nama mesin, type dan default password terpampang dengan megah di beberapa situs vendor pembuatnya.

Terkadang administrator takut lupa dengan mengubah-ubah default password yang ada, sehingga seorang penyusup dapat mengambil alih sistem dengan default password.

Tidak Memakai Password Hint

Terkadang kita takut lupa dengan password yang sudah kita entry ke dalam sistem/account, sehingga kita perlu membuat sebuah pengingat bila kita lupa dengan password tersebut.

Nah pengingat ini disebut password Hint, bila kita membuat pertanyaan dengan password hint ini maka dengan cepat kita dapat mengingat kembali password yang lupa tersebut.
Begitu juga dengan para hacker, mereka akan mencoba-coba dengan menebak password kita dengan berbagai pertanyaan di password hint, lama kelamaan password tersebut akan tertebak, bila pertanyaan yang tertera di password hint dapat dijawab oleh si penebak password.

Tidak Menuliskan Password

Pemilik password sering kali takut lupa dengan password yang telah dimasukkan, sehingga pemilik password akan menuliskan berbagai user id dan passwordnya ke dalam media lain seperti notebook, notepad, stickies (mac), password folder, buku, handphone dan lainnya.

Hal ini juga cukup rentan bocor.
Mengapa rentan?
Karena bila berbagai peralatan tersebut hilang, maka semua informasi tentang user id dan password tersebut cepat atau lambat akan diketahui oleh si pencuri peralatan/gadget yang hilang. 

Menggunakan Password yang Kuat

Pemilik password seringkali menggunakan password yang pendek saja, kalau saja bisa lebih pendek dari 3 character maka user tersebut akan memberikan password yang pendek.
Untung saja saat ini sistem memberikan panjang password minimal 6 karakter dan maksimal 254 karakter.

Semakin panjang sebuah password maka akan semakin kuat keamanan password tersebut.
Password yang kuat dapat dibuat dengan kombinasi angka dan huruf bahkan berbagai karakter yang lain.

Beberapa admin saat ini menggunakan password yang cukup panjang, ditambah dengan enkripsi seperti PGP key dan lainnya, sehingga cukup sulit untuk dapat menebak password tersebut.

Sering-Seringlah Mengubah Password 

Pemilik password sebaiknya secara berkala mengubah password untuk autentikasi tersebut, semakin sering password berubah semakin baik, karena semakin sulit si penebak password menjebol account/system kita.
Perubahan terhadap password tergantung si pemilik, bisa seminggu, sebulan, tiga bulan sekali dan lainnya.
Asal si pemilik tidak lupa dengan password yang sudah diubah tadi.

Tidak Memakai Password Sama pada Beberapa Account

Pemilik password kadang sering lupa dan sering membuat account yang cukup banyak, sehingga mereka setiap membuat account baru menggunakan user id yang sama dan password yang sama, ini sangat rentan dan bahaya.

Karena satu account tembus password ini, maka semua account akan dapat diambil oleh hacker tersebut.

Gunakan Manajemen Password

Untuk membantu mengingatkan kembali berbagai password dan berbagai account, seringkali kita sangat kesulitan, tapi tidak perlu khawatir karena sudah banyak saat ini aplikasi untuk membantu menata password kita.

Aplikasi ini dapat didownload secara gratis dari internet maupun berbayar, sehingga berapapun account kita dan berapapun password kita dapat dengan mudah untuk diingat dan dibuka kembali, tentu saja untuk membukanya dengan metode enkripsi juga.
Tips Membuat Password Yang Kuat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: udan ,