Bab Kafa’ah Kitab Fathul mu'in

Bab Kafa'ah

Bab Kafa’ah Kitab Fathul mu'in

Yang dimaksud dengan kafa’ah adalah : 

suatu derajat / kemuliaan yang jika tidak ada pada calon pria kemuliaan tersebut, maka akan jatuh derajat si istri, dan setiap pernikahan apabila ingin menimbulkan mawaddah dan rohmah (kasih sayang) tersebut harus sederajat.

Macam-macam kafa’ah:


1. Agama : Maka orang muslim harus sederajat dengan muslimah atau sebaliknya muslimah dengan muslim tidak yang lain, karena kalau tidak sederajat dengan agama akan menimbulkan permusuhan yang sangat mendalam.

2. Nasab : Seorang arab, akan sederajat dengan orang arab, seorang keturunan raja akan sederajat dengan keturunan raja yang lain, dan seorang keturunan rasul atau disebut dengan sayyid /syarifah sederajat dengan keturunan rosul yang lain, memang seorang syarifah / perempuan arab/ perempuan keturunan raja boleh menikah dengan yang lain asalkan walinya setuju menurut madzab Imam Syafi’i, akan tetapi kenyataan yang ada yang terjadi di masyarakat apabila itu terjadi akan banyak perselisihan yang terjadi didalam keluarga dan akan menimbulkan ketidak cocokan dan keharmonisan dalam keluarga / rumah tangga, maka sulit untuk menimbulkan mawaddah warohmah (kasih sayang).

3. Iffah : Artinya, seorang yang menjaga dari perbuatan maksiat.

4. Pekerjaan : Dalam rumah tangga, pekerjaan dijadikan satu titik keharmonisan, maksudnya : suami harus lebih tinggi derajatnya dalam pekerjaan dibanding istrinya, karena jika sama atau lebih rendah akan timbul perselisihan tentang pekerjaan.

5. Kemerdekaan : Yaitu budak tidak sederajat dengan orang yang merdeka.
Yang dimaksud budak, orang yang menjadi tawanan dalam peperangan.

Baca juga: http://12-08-1987.blogspot.co.id/2017/11/bab-pernikahan-dalam-kitab-fathul-muin.html
Bab Kafa’ah Kitab Fathul mu'in Rating: 4.5 Diposkan Oleh: udan ,