Halal dan Haram, Hadits ke-6 Arba'in Nawawi

Hadits ke-6 Arba'in Nawawi
Halal dan Haram

Halal dan Haram


عَنْ أَبِيْ عَبْدِ اللهِ النُّعْمَانِ بْنِ بِشِيْر رضي الله عنهما قَالَ: سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ: «إِنَّ الحَلالَ بَيِّنٌ وَإِنَّ الحَرَامَ بَيِّنٌ وَبَيْنَهُمَا أُمُوْرٌ مُشْتَبِهَات لاَ يَعْلَمُهُنَّ كَثِيْرٌ مِنَ النَّاسِ، فَمَنِ اتَّقَى الشُّبُهَاتِ فَقَدِ اسْتَبْرأَ لِدِيْنِهِ وعِرْضِه، وَمَنْ وَقَعَ فِي الشُّبُهَاتِ وَقَعَ فِي الحَرَامِ كَالرَّاعِي يَرْعَى حَوْلَ الحِمَى يُوشِكُ أَنْ يَقَعَ فِيْهِ. أَلا وَإِنَّ لِكُلِّ مَلِكٍ حِمَىً. أَلا وَإِنَّ حِمَى اللهِ مَحَارِمُهُ. أَلا وإِنَّ فِي الجَسَدِ مُضْغَةً إِذَا صَلُحَتْ صَلُحَ الجَسَدُ كُلُّهُ وإذَا فَسَدَت فَسَدَ الجَسَدُ كُلُّهُ أَلا وَهيَ القَلْبُ» رواه البخاري ومسلم.

Dari Abu Abdillah an-Nu’man bin Basyir radhiyallahu ‘anhuma berkata:

aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

”Sesungguhnya yang halal telah jelas dan yang haram telah jelas, dan di antara keduanya ada hal-hal yang samar yang tidak diketahui kebanyakan manusia.
Barangsiapa menjaga diri dari hal yang samar (syubhat), sungguh dia telah memelihara agama dan kehormatannya, dan barangsiapa yang terjatuh pada yang syubhat, akan terjatuh pada yang haram, seperti penggembala yang menggembala di sekitar tanah larangan yang suatu saat akan memasukinya.

Ketahuilah, sesungguhnya setiap raja memiliki batas larangan.
Ketahuilah batas larangan Allah adalah hal yang diharamkan-Nya.
Ketahuilah, di dalam tubuh ada segumpal daging, jika baik baik pula seluruh tubuh, tetapi jika buruk buruk pula seluruh tubuh.
Ketahuilah, segumpal daging itu adalah hati.”

Diriwayatkan oleh al-Bukhari dan Muslim. [Muttafaqun ‘Alaihi: Shahih al-Bukhari (no. 52, 2051), Shahih Muslim (no. 1599), Sunan Abu Dawud (no. 3329, 3330), Sunan at-Tirmidzi (no. 1205), Sunan Ibnu Majah (no. 3984), Sunan an-Nasa`i (VII241-243), dan Musnad Ahmad (IV267)]

Baca juga: Bahaya Bid'ah, Hadits ke-5 Arba'in Nawawi
Halal dan Haram, Hadits ke-6 Arba'in Nawawi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: udan ,