Karya-karya madzhab Syafi’i belakangan

Karya-karya madzhab Syafi’i belakangan. 


Pada bagian ini, kita akan berbicara tentang kitab-kitab yang ditulis seputar fiqh Syafi’i yang berkisar antara tahun 1335 H sampai sekarang 1426 H.

Kitab-kitab yang berbicara tentang madzhab Syafi’i pada abad belakangan ini akan kami kemukakan, tentunya sepengetahuan kami yang sangat sederhana.
Namun sebelumnya, perlu kami kemukakan bahwa kitab-kitab fiqh Syafi’i yang ditulis belakangan ini mempunyai dua kelebihan:

Pertama, bahasa dan susunanya mudah dipahami, jelas dan padat berisi tidak bertele-tele.

Kedua, bahasan dan persoalan yang dikemukakan betul-betul yang terjadi saat ini, bukan sesuatu yang tidak terjadi lagi.

Misalnya tidak adanya bahasan tentang perbudakan dan atau yang sejenisnya.
Untuk lebih jelasnya, berikut ini kitab-kitab yang termasuk kelompok terakhir, abad belakangan, masa kini, di antaranya:

1). Zadul Muhtaj fi Syarh al-Minhaj.

Kitab ini ditulis oleh Syaikh Abdullah bin Hasan Ali Hasan al-Kuhaji (w 1400 H) dan merupakan syarah dari kitab Minhajut Thalibin karya Imam Nawawi yang dalam penyusunannya berpegang kepada kitab Mughnil Muhtaj Ila Ma’rifat Ma’ani Alfadh al-Minhaj karya al-Khatib asy-Syarbini (w 977 H).

Kitab ini terdiri dari empat jilid dan dicetak oleh al-Maktabah al-Ashriyyah Beirut dengan muhakkik Ustadz Abdullah al-Anshari.

2). Al-Fiqh al-Manhaji ‘Ala Madzhab al-Imam asy-Syafi’i .

Kitab ini ditulis oleh tiga ulama besar Damaskus masa kini yaitu oleh DR. Mustafa Sa’id al-Khinn, DR. Mushtafa Dibul Bugha, dan Syaikh Ali asy-Syarbiji.

Kitab ini selesai ditulis pada tahun 1978 M, dan dicetak beberapa kali di antaranya oleh Darul Qalam Damaskus pada tahun 1998 (cetakan ketiga) dan terdiri dari tiga jilid. 

3). Ad-Durar an-Naqiyyah fi Fiqh as-Sadah asy-Syafi’iyyah.

Kitab ini ditulis oleh Syaikh Muhammad ash-Shadiq Qamhawi, salah seorang pengawas umum al-Azhar asy-Syarif Mesir.
Kitab ini ditulis untuk dijadikan muqarrar bagi siswa tingkat Aliyah di Ma’had-ma’had al-Azhar.

Kitab ini teleh dicetak beberapa kali di antaranya oleh al-Maktabah al-Azhariyyah lit Turats pada tahun 1997 yang terdiri dari empat jilid ukuran kecil.

4). Taisir Fathil Qarib al-Mujib lit Thalib al-Azhary an-Najib fi Shurah Sail wa Mujib. 

Kitab ini ditulis oleh dua ulama kenamaan Mesir saat ini yakni oleh DR. Nashr Farid Muhammad Washil, mantan mufti Jumhuriyyah Mesir sebelum Prof. DR. Ahmad Thayyib juga ketua jurusan Fiqh Islam Universitas al-Azhar dan DR. Abdul Hamid as-Sayyid Muhammad Abdul Hamid, dekan Ma’had I’dad ad-Du’ah di propinsi Qana, Mesir.

Kitab ini ditulis juga untuk dijadikan muqarrar bagi siswa siswi Tsanawiyyah (menengah) di seluruh ma’had al-Azhar.
Kitab ini dicetak oleh al-Maktabah al-Azhariyyah lit Turats, Kairo pada tahun 1996 yang terdiri dari tiga jilid kecil.
Karya-karya madzhab Syafi’i belakangan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: udan ,