Antara Tafsir Jalalain & Tafsir Ibnu Katsir

Antara Tafsir Jalalain & Tafsir Ibnu Katsir 

Afwan ustad, di mesjid sekitar rumah ana baru memulai kajian tafsir,kitab yang dipakai adalah tafsir jalalain, apa bedanya dengan tafsir ibnu katsir?

mohon penjelasannya, jazakallahu khoir. 

Jawab:

Tafsir Jalalain adalah kitab tafsir yang disusun oleh dua Ulama yaitu Jalaluddin Al-Mahalli dan Jalaluddin As-Suyuthi.

Jalalain artinya dua "Jalal".
Tafsir Jalalain ini aslinya berjudul, "Tafsirul Qur'anil 'Adzhim", dimana Al-Imam As-Suyuthi menyempurnakan karya gurunya yaitu Jalaluddin Al-Mahalli.

Metodologi tafsir Jalalain ini mengacu kepada ro'yu (pemikiran) dan hasil ijtihad para Ulama tafsir.
Meskipun paparannya cukup ringkas tetapi lebih sedikit yang berdasarkan riwayat. 

Sedangkan tafsir Ibnu Katsir yang juga berjudul, "Tafsirul Qur'anil 'Adzhim" disusun oleh Al-Hafidzh Al-Imam Abul Fida' Isma'il bin 'Umar bin Katsir Asy-Syafi'i yang lebih populer dengan sebutan Ibnu Katsir.

Beliau adalah salah seorang murid Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah yang dikenal pakar dalam berbagai disiplin ilmu.
Para Ulama menyebutkan bahwa metodologi tafsir Ibnu Katsir adalah menafsirkan ayat dengan ayat, ayat dengan hadits serta keterangan para Shahabat, sehingga banyak merujuk kepada periwayatan hadits, atsar Shahabat, Tabi'in, maupun para Ulama Salaf setelahnya dari kalangan mufassirin (ahli tafsir).

Di sana beliau sarikan secara ilmiyyah periwayatannya dengan penuh ketelitian sekaligus kritikan yang tajam.
Sampai-sampai Al-Imam As-Suyuthi sendiri mengatakan, "Tidak didapati orang yang hidup di zaman beliau (Ibnu Katsir) menyusun tafsir yang sepadan dengan tafsirnya." (Tadzkiratul Huffadz hal. 534) 

Bila kita bandingkan kedua kitab tersebut di atas tentu tafsir Ibnu Katsir lebih berbobot dan lebih ilmiyyah seperti yang diakui oleh Al-Imam As-Suyuthi sendiri.
Tetapi untuk mempelajari tafsir Ibnu Katsir butuh kepada bimbingan para ahli, sebab dalam uraiannya memuat istilah-istilah asing di kalangan pemula dan membutuhkan perangkat ilmu lain guna melengkapinya seperti ilmu hadits, ilmu tafsir, lughoh maupun ushul fiqh.

Nasehat kami, kitab tafsir yang baik dipelajari oleh kalangan pemula seperti tafsir juz 'amma karya Syaikh Al-'Allamah Al-Utsaimin, kemudian tafsir Syaikh Al-'Allamah As-Sa'di yang berjudul, "Taisirul Karimirrahman fi Tafsir Kalamil Mannan", kemudian tafsir Ibnu Katsir dengan tahqiq atau yang sudah diringkas dan diberi catatan kaki oleh Syaikh Al-'Allamah Ahmad Syakir yang berjudul, "'Umdatut Tafsir".

Sebelum Ibnu Katsir, di sana ada banyak kitab-kitab tafsir yang juga menjadi rujukan beliau seperti tafsir Ibnu Taimiyyah, tafsir Al-Qurthubi, tafsir Al-Baghowi, tafsir Ibnul Jauzi, serta tafsir Ath-Thobari. Wa billahit tawfiq.
Antara Tafsir Jalalain & Tafsir Ibnu Katsir Rating: 4.5 Diposkan Oleh: udan ,