Biografi Jalaluddin As-Suyuthi

Biografi Jalaluddin As-Suyuthi

Nama aslinya adalah Abul Fadl alias Abdurrahman ibnu Abu Bakar ibnu Muhammad As-Suyuthi, lahir pada bulan Rajab tahun 848 Hijriyah,meninggal pada malam Jum’at tanggal 19 bulan Jumadil Ula tahun 911 Hijriyah.

Ia seorang hafidz hadits, musnid, muhaqiq, dan sudah hafal Alquran ketika beliau berusia 8 tahun, serta sudah banyak menghafal kitab karya para ulama di masanya.

Orang tuanya meninggal dunia ketika Beliau berusia 5 tahun, lalu pengasuhannya diwasiatkan kepada beberapa ulama, antara lain Al-Kamal ibnul Hammam.
Beliau belajar dari banyak guru; menurut perhitungan muridnya yang bernama Ad-Daudhi, guru beliau ada 51 orang, dan hasil karyanya lebih dari 500 buah.

Selain itu, Beliau juga seorang yang piawai dalam kecepatan (menurut Ad-Daudi dalam satu hari pernah beliau mampu menulis sebanyak tiga fel karya tulis).
Ketenaran hasil karyanya tidak ditersembunyi lagi karena sudah menyebar ke seluruh kawasan Timur dan Barat dan diterima oleh banyak orang.

Ketika usia 40 tahun, beliau istirahat dari kegiatan menulisnya dan mengisi sisa usianya hanya untuk beribadah kepada Allah swt.
Sehingga beliau tinggal di Raudatul Miqyas sampai meninggal dunia.

baca juga: Antara Tafsir Jalalain & Tafsir Ibnu Katsir
Biografi Jalaluddin As-Suyuthi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: udan ,