Menyembelih Kambing - Tata cara Haji

Menyembelih Kambing


1. Sembelihlah kambing pada tanggal 10 Dzulhijjah atau setelahnya pada hari-hari tasyriq (tanggal 11,12, dan 13 Dzulhijjah).

2. Dilarang keras menyembelih kambing sebelum tanggal 10 Dzulhijjah.
Barangsiapa yang menyembelih sebelum tanggal tersebut, maka sembelihannya tidak sah, harus diganti, atau puasa 3 hari pada hari-hari tasyriq, dan 7 hari di Indonesia.

3. Bagi petugas pembeli dan penyembelih kambing yang biasanya dijabat oleh ketua kloter atau pembimbing, maka kami nasihatkan agar takut kepada Allah jangan sampai menyembelih hadyu/kambingnya sebelum tgl 10 -nya.
Jika kalian lakukan itu, maka kalian telah berdosa karena membuat ibadah orang kurang pahalanya.
Jika pengurus ambil keuntungan dari kambing yang disembelih sebelum tgl 10 tersebut, maka ia telah memakan harta orang dengan cara yang haram dan batil.

Bertaqwalah kepada Allah dan takut pada hari kalian akan diadili di padang Mahsyar !!

4. Menyembelih hewan korban bagi jama’ah haji tidaklah wajib, yang wajib hari itu adalah menyembelih kambing yang memang wajib dilakukan oleh haji tamattu’ atau qiron.
Kambing ini disebut “hadyu”.
Jangan sampai tertipu dengan sebagian orang yang tidak takut kepada Allah yang mewajibkan potong hewan korban di waktu itu,padahal tidak wajib karena hanya semata-mata ingin meraih keuntungan yang banyak !!

selanjutnya: Tawaf Ifadhoh
Menyembelih Kambing - Tata cara Haji Rating: 4.5 Diposkan Oleh: udan ,