SIFAT HARI

SIFAT HARI

Dalam perhitungan Jawa, setiap hari itu memiliki sifat tertentu.
Sifat hari berguna untuk menentukan kegiatan apa yang cocok dilakukan pada hari bersangkutan dan sifat hari juga berguna sebagai perhitungan yang berhubungan dengan penentuan hajat tertentu.

Untuk lebih jelasnya akan diuraikan sebagai berikut.

Minggu

Minggu memiliki sifat becik, samudana, lan ela-elu atau diartikan memiliki sifat baik, mengingkari kata hati, dan mudah terbawa arus karena pendirian yang tidak tetap. 

Senin

Senin memiliki sifat semua barang pratape atau dimaknai sebagai sifat yang pantasluwes dalam tingkah laku.

Selasa

Selasa memiliki sifat sujana, tan andelan, lan butarepan atau dimaknai sebagai sifat pencemburu dan sulit memercayai orang lain.

Rabu

Rabu memiliki sifat sembada, sebarang patut, lan rada sembrana atau dimaknai sebagai sifat penuh rasa tanggung jawab, luwes, dan suka dengan banyolan.

Kamis

Kamis memiliki sifat ahli surasa, mada, ngalem, lan lumuh kungkulan atau berarti ahli dalam menafsirkan sesuatu, suka menghina,suka menyanjung, dan tidak senang jika ada yang melebihi

Jumat

Jumat memiliki sifat semuci, suci, lan kudu resik-resik atau berarti suka berpura-pura menjadi orang suci dan suka kebersihan dalam segala hal.

Sabtu

Sabtu memiliki sifat srakah barang karepe lan srumbung yang dimaknai memiliki sifat serakah dalam berbagai hal dan angkuh.

baca juga: SIFAT HARI PASARAN
SIFAT HARI Rating: 4.5 Diposkan Oleh: udan ,